Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Universitas Syiah Kuala (BPHM Unsyiah) kembali berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015. Keberhasilan ini disampaikan oleh Abdul Manan Aruli, auditor dari TUV Rheiland sebagai salah satu badan sertifikasi di Indonesia, yang mengaudit biro tersebut pada Kamis, 14 November 2019.

Abdul mengatakan BPHM selama setahun ini dianggap telah menjalani manajemen mutu dan tata kelola kerja yang baik. Bahkan dalam tahun ini, BPHM berhasil menorehkan banyak penghargaan yang menunjukkan peningkatan kinerja yang semakin baik. Hasil audit juga menunjukkan tidak ada temuan penyimpangan atau ketidaksesuaian baik dalam kategori minor maupun mayor. Menurut Abdul, keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran manajemen dan pegawai dalam menerapkan sistem manajemen mutu SNI ISO 9001:2015.

Kepala BPHM Unsyiah Abdur Rochim, S. Sos.,M.Pd mengatakan keberhasilan ini menjadi penyemangat bagi BPHM untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Sebab menurutnya, ISO merupakan suplemen dan nutrisi bagi peningkatan kinerja agar lebih baik.

“Jika ini dapat diterapkan dengan baik, maka sebuah organisasi dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik, sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang diharapkan,” ujarnya saat menutup audit eksternal di Ruang Rapat Lt. III Gedung KPA Unsyiah.

Selain BPHM, Biro Akademik dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) juga berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015. Audit eksternalnya telah dilakukan dua hari sebelumnya.

 

(Sumber : https://www.unsyiah.ac.id/)